Jl. Semolowaru no. 45 Surabaya
Jl. Semolowaru no. 45 Surabaya
Apr
Iklan merupakan alat
komunikasi yang efektif bagi para perusahaan untuk menyampaikan pesan kepada
masyarakat luas mengenai informasi produk atau jasa yang ditawarkan. Iklan
mengandung pesan persuasif agar konsumen dapat mengingat sebuah produk,
sehingga mereka terus membeli produk yang diiklankan tanpa memandang merk
pesaingnya. Media adalah sarana komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan
dan menyebarluaskan pesan-pesan iklan. Selain itu, media dapat menentukan
apakah pesan yang disampaikan tersebut telah mencapai target audience. Lalu,
ada 3 hal untuk melakukan penentuan media yakni perilaku khalayak sasaran
terhadap media tertentu, efektivitas media untuk penyajian produk, dan biaya
relatif. Didalam periklanan, media dibagi menjadi 2 yaitu media above the line dan media below the line.
Media above the line adalah jenis iklan yang pemasangannya mengharuskan
adanya pembayaran dan komisi dan biasanya terjadi pada tingkatan Perusahaan.
Contohnya iklan media televisi, radio, dan media luar ruang. Seringkali kita
melihat iklan melalui televisi, sosial media, brosur, billboard dan lain-lain.
Sedangkan media below the line adalah
jenis iklan yang pemasangannya tidak dipungut adanya pembayaran dan komisi dan
biasanya terjadi pada tingkat konsumen. Contohnya kalender, brosur, stiker ads ,dan poster. Media memberikan ruang
bagi inovasi dan kreativitas dalam periklanan. Ada banyak ide unik dari para
perusahaan untuk menarik audiens mereka.
Saat ini, beriklan bisa dilakukan dengan mudah melalui media sosial. Hal
ini dapat membantu para perintis yang baru memulai bisnisnya untuk
mempromosikan produknya dan berinteraksi dengan para konsumen. Media sosial
seperti Instagram, Tiktok, Facebook, Twitter adalah platform utama untuk
periklanan digital. Namun seiring berkembang pesatnya teknologi digital,
televisi tetap menjadi pilihan utama bagi banyak pengiklan karena daya
jangkauannya yang luas. Dengan menggunakan visual yang unik, narasi yang kuat, serta
pesan yang relevan dapat membuat iklan menjadi efektif karena mempengaruhi
persepsi konsumen tentang produk. (Dhea Ayu)
Referensi:
Tasruddin Ramsiah. 2015. Strategi Promosi Periklanan Yang Efektif. Jurnal Al -Khitabah Vol. II, No. 1
Sumber Gambar: Freepik