26

Apr

Peran Media Dalam Periklanan yang Efektif

Iklan merupakan alat komunikasi yang efektif bagi para perusahaan untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat luas mengenai informasi produk atau jasa yang ditawarkan. Iklan mengandung pesan persuasif agar konsumen dapat mengingat sebuah produk, sehingga mereka terus membeli produk yang diiklankan tanpa memandang merk pesaingnya. Media adalah sarana komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan dan menyebarluaskan pesan-pesan iklan. Selain itu, media dapat menentukan apakah pesan yang disampaikan tersebut telah mencapai target audience. Lalu, ada 3 hal untuk melakukan penentuan media yakni perilaku khalayak sasaran terhadap media tertentu, efektivitas media untuk penyajian produk, dan biaya relatif. Didalam periklanan, media dibagi menjadi 2 yaitu media above the line dan media below the line.

Media above the line adalah jenis iklan yang pemasangannya mengharuskan adanya pembayaran dan komisi dan biasanya terjadi pada tingkatan Perusahaan. Contohnya iklan media televisi, radio, dan media luar ruang. Seringkali kita melihat iklan melalui televisi, sosial media, brosur, billboard dan lain-lain. Sedangkan media below the line adalah jenis iklan yang pemasangannya tidak dipungut adanya pembayaran dan komisi dan biasanya terjadi pada tingkat konsumen. Contohnya kalender, brosur, stiker ads ,dan poster. Media memberikan ruang bagi inovasi dan kreativitas dalam periklanan. Ada banyak ide unik dari para perusahaan untuk menarik audiens mereka.

Saat ini, beriklan bisa dilakukan dengan mudah melalui media sosial. Hal ini dapat membantu para perintis yang baru memulai bisnisnya untuk mempromosikan produknya dan berinteraksi dengan para konsumen. Media sosial seperti Instagram, Tiktok, Facebook, Twitter adalah platform utama untuk periklanan digital. Namun seiring berkembang pesatnya teknologi digital, televisi tetap menjadi pilihan utama bagi banyak pengiklan karena daya jangkauannya yang luas. Dengan menggunakan visual yang unik, narasi yang kuat, serta pesan yang relevan dapat membuat iklan menjadi efektif karena mempengaruhi persepsi konsumen tentang produk. (Dhea Ayu)

 

Referensi:

Tasruddin Ramsiah. 2015. Strategi Promosi Periklanan Yang Efektif. Jurnal Al -Khitabah Vol. II, No. 1 


Sumber Gambar: Freepik