Peminatan

Dalam rangka membekali mahasiswa dengan kompetensi yang spesifik dan aplikatif di bidang komunikasi, Program Studi Ilmu Komunikasi UNTAG Surabaya menyusun kurikulum berbasis peminatan yang terdiri dari empat bidang keahlian utama. Masing-masing peminatan dirancang untuk memperdalam pengetahuan teoretis sekaligus keterampilan praktis sesuai dengan tuntutan dunia kerja dan perkembangan komunikasi kontemporer. Setiap peminatan terdiri dari 12 SKS mata kuliah yang bersifat integratif dan profesional.


1. Public Relations

Peminatan ini dirancang untuk mencetak lulusan yang kompeten dalam membangun citra dan reputasi organisasi melalui strategi komunikasi yang efektif. Mahasiswa akan mempelajari:

  • Media Relations

  • PR Writing

  • PR Management

  • Digital PR

Fokusnya adalah membekali mahasiswa dengan kemampuan komunikasi strategis di era digital, termasuk relasi dengan media, penulisan kehumasan, dan pengelolaan kampanye PR berbasis teknologi.


2. Broadcasting

Peminatan ini berfokus pada produksi dan manajemen media siaran, baik radio maupun televisi. Mahasiswa akan mengeksplorasi proses kreatif dan teknis dalam penyiaran melalui mata kuliah:

  • Broadcast Journalism

  • Penulisan Naskah Radio TV

  • Reportase, Wawancara dan Presentasi Radio TV

  • Manajemen Produksi dan Pemasaran Radio TV

Kurikulum ini memperkuat keterampilan mahasiswa dalam merancang program siaran yang informatif, komunikatif, dan berdampak sosial tinggi.


3. New Media

Peminatan ini menyiapkan mahasiswa menghadapi lanskap media digital dan transformasi komunikasi berbasis teknologi. Mahasiswa didorong untuk menjadi pengelola konten dan pelaku technopreneur yang adaptif dengan materi:

  • Online Journalism

  • Media Komunitas

  • Manajemen Media Online

  • Technopreneurship dan Digital Content

Fokus pada pemanfaatan platform digital secara strategis menjadikan lulusan mampu merancang dan mengelola komunikasi berbasis data dan komunitas daring.


4. Political Communication

Peminatan ini mengajak mahasiswa memahami dinamika komunikasi dalam konteks kekuasaan, wacana publik, dan partisipasi politik. Materi yang diajarkan mencakup:

  • Komunikasi GERSOSPOL (Gerakan Sosial dan Politik)

  • Semiotika Politik

  • Manajemen Kampanye Politik

  • Pemasaran Politik

Mahasiswa akan dibekali kemampuan analisis kritis dan strategi komunikasi yang relevan dalam membangun opini publik dan merancang kampanye politik yang etis dan efektif.