Jl. Semolowaru no. 45 Surabaya
Jl. Semolowaru no. 45 Surabaya
Agust
Surabaya - Di era digitalisasi yang semakin
berkembang, komunikasi melalui platform online telah menjadi bagian penting
dalam kehidupan sehari-hari. Namun,
tingkat kesopanan dan etika dalam komunikasi online seringkali kurang dimanfaatkan.
Artikel ini menjelaskan mengapa etika
dan tata krama sangat penting untuk membangun interaksi yang bermakna di dunia
maya.
Menghargai pendapat orang lain salah satu aspek utama etika
dalam komunikasi online. Di ruang diskusi besar seperti media sosial, opini
bisa sangat beragam. Menghargai sudut pandang orang lain, meskipun berbeda
dengan sudut pandang kita, merupakan bentuk dasar dari peradaban digital.
Berbicara dengan penuh hormat tidak hanya membangun hubungan yang lebih baik,
namun juga mendorong diskusi yang produktif dan bermakna.
Menanggapi kritik dengan bijaksana dalam lingkungan online
yang terbuka, sering kali menjumpai kritik dan komentar yang tidak sepenuhnya
mendukung. Bersikap gesit dan terbuka adalah bagian penting dari etika dan tata
krama digital. Menghindari reaksi emosional atau defensif akan membantu menjaga
suasana komunikasi yang positif dan konstruktif.
Menggunakan bahasa yang sopan bahasa yang digunakan dalam
komunikasi online juga berperan penting dalam menjaga kesopanan. Menghindari
penggunaan bahasa yang kasar, tidak pantas, atau menyinggung akan membantu
menghindari konflik dan ketegangan yang tidak perlu. Berkomunikasi dengan
bahasa yang sopan membuat pesan kita lebih mudah dipahami dan lebih mungkin
diterima oleh penerimanya.
Etika dan tata krama dalam komunikasi online tidak hanya tentang penegakan aturan formal, tetapi juga tentang menciptakan lingkungan yang inklusif, saling menghormati, dan produktif di dunia maya. Dengan menghargai pendapat orang lain, menggunakan bahasa yang sopan, dan menanggapi dengan bijaksana, kita dapat meletakkan dasar bagi komunikasi yang bermakna dan positif di era digital. ( Octavia Putri )
Sumber :
Yasyfi
Atana. (2020). KESANTUNAN BERBAHASA DI ERA DIGITAL DALAM PENGGUNAANNYA DI MEDIA
SOSIAL OLEH MASYARAKAT INDONESIA
Fitri Argarini & Tuty Mutiah. (2024). TATA KRAMA DAN
ETIKA KOMUNIKASI DI ERA SOCIETY 5.0.
Jurnal Komunikasi dan Bahasa Vol 5 No 1 Bulan Maret Tahun 2024 e-ISSN 2723-7664