15

Jun

Mahasiswa Ilkom Menunjukkan Jiwa Enterpreneurship Dalam Gelaran Bazaar Produk

Surabaya – Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Untag Surabaya) sukses melaksanakan Praktikum Entrepreneurship Komunikasi pada Rabu (11/06). Kegiatan ini menjadi ajang penerapan langsung materi dari mata kuliah Entrepreneurship Komunikasi dan Kewirausahaan, sekaligus melatih kreativitas mahasiswa dalam mengemas dan memasarkan produk melalui kegiatan bazar, "Tujuan praktikum ini adalah untuk mempraktikkan apa yang telah dipelajari di kelas, serta mengasah kreativitas mahasiswa dalam mengomunikasikan produk yang mereka jual saat bazar," ujar Beta Puspitaning Ayodya, S.Sos., M.A., dosen pengampu mata kuliah tersebut.

 

Beta juga berharap melalui kegiatan ini, mahasiswa mampu menerapkan strategi komunikasi yang efektif dalam memperkenalkan produk mereka ke pasar, “Saya harap kegiatan ini bisa menginspirasi mahasiswa untuk terus mengembangkan usaha mereka, bahkan setelah praktikum selesai,” tambahnya.

 

Salah satu mahasiswa peserta praktikum, Azizah Adhelia, turut membagikan pengalamannya selama mengikuti kegiatan ini, "Awalnya kami berdiskusi tentang produk yang ingin dijual, dan akhirnya memutuskan untuk menjual dessert. Kami menghitung bahan baku, membuat produk sendiri, hingga mempersiapkan stand. Tantangannya, tempatnya cukup panas, tenda kecil, dan stop kontak terbatas," ungkapnya.

 

Meski menghadapi sejumlah kendala teknis, Azizah mengaku antusias dan optimis untuk melanjutkan usaha yang telah dirintis melalui praktikum ini, “Harapannya kami bisa lebih memahami cara memasarkan produk, dan kedepannya bisa membuka bisnis makanan yang lebih besar. Ini juga jadi awal dari usaha dessert salah satu teman kami di kelompok,” tutupnya. (Rizki Setyo Nugroho)