Jl. Semolowaru no. 45 Surabaya
Jl. Semolowaru no. 45 Surabaya
Jun
Surabaya – Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi
Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Untag Surabaya) sukses melaksanakan
Praktikum Entrepreneurship Komunikasi pada Rabu (11/06). Kegiatan ini menjadi
ajang penerapan langsung materi dari mata kuliah Entrepreneurship Komunikasi
dan Kewirausahaan, sekaligus melatih kreativitas mahasiswa dalam mengemas dan
memasarkan produk melalui kegiatan bazar, "Tujuan praktikum ini adalah
untuk mempraktikkan apa yang telah dipelajari di kelas, serta mengasah
kreativitas mahasiswa dalam mengomunikasikan produk yang mereka jual saat
bazar," ujar Beta Puspitaning Ayodya, S.Sos., M.A., dosen pengampu mata
kuliah tersebut.
Beta juga berharap melalui
kegiatan ini, mahasiswa mampu menerapkan strategi komunikasi yang efektif dalam
memperkenalkan produk mereka ke pasar, “Saya harap kegiatan ini bisa
menginspirasi mahasiswa untuk terus mengembangkan usaha mereka, bahkan setelah
praktikum selesai,” tambahnya.
Salah satu mahasiswa
peserta praktikum, Azizah Adhelia, turut membagikan pengalamannya selama
mengikuti kegiatan ini, "Awalnya kami berdiskusi tentang produk yang ingin
dijual, dan akhirnya memutuskan untuk menjual dessert. Kami menghitung bahan
baku, membuat produk sendiri, hingga mempersiapkan stand. Tantangannya,
tempatnya cukup panas, tenda kecil, dan stop kontak terbatas," ungkapnya.
Meski menghadapi sejumlah
kendala teknis, Azizah mengaku antusias dan optimis untuk melanjutkan usaha
yang telah dirintis melalui praktikum ini, “Harapannya kami bisa lebih memahami
cara memasarkan produk, dan kedepannya bisa membuka bisnis makanan yang lebih
besar. Ini juga jadi awal dari usaha dessert salah satu teman kami di
kelompok,” tutupnya. (Rizki
Setyo Nugroho)