24

Okt

Perlunya Cara Berkomunikasi yang Baik dan Benar di Media Sosial

Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi saat ini semakin pesat dan canggih. Salah satunya ialah internet. Teknologi internet bisa memberikan segala informasi secara jarak jauh bahkan bisa menghubungkan satu orang yang berjauhan tanpa sekalipun bertemu sehingga menghemat waktu dan biaya sekaligus. Media Sosial adalah satu bentuk komunikasi yang memerlukam internet saat ini dan termasuk komunikasi digital. Media sosial juga sebagai wadah berkumpulnya suatu informasi melalui perantara orang lain sehingga di media sosial juga banyak orang yang terhubung dengan mudah dan penyampaian informasi pun relatif lebih cepat dengan adanya media sosial. Maka dari itu untuk menjalin komunikasi yang baik dan luas di media sosial kita haruslah menggunakan cara berkomunikasi yang baik dan bijak sehingga tidak menjadi masalah hingga menimbulkan konflik dengan orang lain.

Lantas, bagaimana cara berkomunikasi yang baik di media sosial itu ?

  1. Berhati-hati lah menggunakan kalimat, dalam berkomunikasi menggunakan media sosial, hal sangat penting yang harus perhatikan adalah penggunaan kalimat. Karena suatu kalimat haruslah disusun dengan lengkap dan utuh. Maka dari itu dalam berkomunikasi di media sosial haruslah menggunakan kalimat yang utuh agar tidak terjadinya kesalahpahaman.
  2. Sumber yang jelas, dalam berkomunikasi yang baik di media sosial haruslah mengetahui informasi yang sebenarnya dan jelas keberadaanya karena informasi yang disebaran dimedia sosial tanpa sumber yang jelas akan menibulkan kesimpangsiuran informasi atau hal hal yang mungkin bisa menjadi hoax (berita palsu ) lalu membuat stigma negative dimasyarakat atau penerima informasi tersebut.
  3. Menggunakan symbol atau tanda yang tepat.untuk berkomunikasi di media sosial banyak seringkali simbol atau sticker yang disertai dalam sebuah informasi yang disebarkan .Karena simbol yang digunakan di media sosial bisa menciptakan persepsi orang. Contohnya saja memakai emoticon marah ketika sedang memberikan informasi yang penting akan mengubah persepsi orang dengan kuat. Untuk itu sebaiknya hndari penggunaan symbol-simbol dalam memberikan suatu informasi di dalam tulisan di media sosial.
  4. Fast Response, dalam menggunakan media sosial pastikan kita juga memberikan respon dengan segera, karena dalam berkomunikasi memberikan respon lama akan memberikan kesan tidak  baik (jelek) bagi komunikan yang menerima informasi.
  5. Menggunakan bahasa yang sesuai, bahasa yang digunakan dalam memberikan informasi di media sosial haruslah tepat. pastikan kita tahu dengan siapa kita akan berkomunikasi dan jangan sampai menggunakan bahasa yang kurang sopan sehingga membuat kita kehilangan etika dalam berkomunikasi karena setiap orang mempunyai persepsi yang berbeda dalam menanggapi sesuatu hal. Nah itu tadi sedikit cara cara berkomunikasi yang baik di media sosial. (Debbie Martha).

Sumber gambar : https://gaya.tempo.co/read/1137672/pahami-4-etika-di-media-sosial-ini-agar-tak-tersandung-hukum