09

Jul

Pengaruh Media Massa dalam Membentuk Opini Publik

SURABAYA. Media massa memainkan peran penting dalam membentuk opini publik. Dari saluran berita hingga media sosial, setiap platform tersebut adalah penyokong kendaraan. Berbagai aspek yang menunjukkan minat dan keinginan untuk membentuk persepsi masyarakat diperlihatkan dalam contoh-contoh berikut: Media massa, dalam bentuk cetak dah digital, menyajikan jalan bagi masyarakat umum.

Peran Media Massa dalam Membentuk Persepsi Publik

Media massa, persepsi publik tentang issue semasa dibentuk berdasarkan cara media melaporkannya. Media massa memikirkan masalah yang sama dan dapat membentuk gagasan manusia, negatif atau positif. Misalnya, liputan media yang konsisten mengenai isu lingkungan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pelestarian alam.

 Pengaruh Berita dan Informasi terhadap Opini Publik

Berita dan informasi yang disampaikan oleh media massa sering kali menjadi dasar bagi masyarakat dalam membentuk opini tentang berbagai topik. Sebagai contoh, laporan berita mengenai kebijakan pemerintah dapat memengaruhi pendapat masyarakat terhadap efektivitas pemerintahan tersebut. Data dari penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 60% populasi cenderung mempercayai informasi yang disajikan oleh media massa, yang menegaskan pentingnya peran media dalam membentuk opini publik

Manipulasi Media Massa dalam Membentuk Opini

Akan tetapi, media massa tidak selalu dapat diandalkan untuk memberikan berita yang objektif. Dalam kasus tertentu, media tersebut bisa saja dimanipulasi untuk membentuk opini publik sesuai keinginan mereka. Framing adalah contoh nyata ketika berita diberikan dengan sudut pandang tertentu untuk mempengaruhi audiens. Ada waktu ketika itu ditemukan bahwa terdapat kelompok- kelompok tertentu beroperasi melalui media untuk mempengaruhi persepsi masyarakat hanya untuk keuntungan politik dan komersial

Media Sosial dan Keterlibatan Publik

Di era digital ini, media sosial telah menjadi platform utama untuk berbagi informasi dan membentuk opini publik. Melalui interaktivitasnya, media sosial memungkinkan masyarakat untuk lebih terlibat dalam pembicaraan publik dan percakapan yang baik dengan kekuasaan. Namun, tantangan minar besar yang akan dihadapi oleh media sosial adalah faktor palsu yang mana mungkin akan mmenyesatkan opini publik (Celmia)

 

Referensi Artikel: https://cisuru.desa.id/kekuasaan-media-pengaruh-media-massa-dalam-membentuk-opini-publik/

Sumber Gambar: https://fisip.umsu.ac.id/wp-content/uploads/2023/06/komunikasi-massa-dalam-membentuk-opini-publik-1033x570.png