31

Mar

Mengenal Program Konten dan Siaran Box Radio

Berjalan dua bulan kepengurusan, Box Radio kini gencarkan produksi program konten dan siaran. Program disiarkan melalui speaker Kampus yang terletak di Gedung F & G Untag Surabaya dan akun Instagram resmi milik Box Radio. Program siaran terdiri dari empat segmen yaitu Moncoffee (Morning Talk and Grab Your Own Coffee), Obras (Obrolan Asyik dan Satuy), Box On Board, dan Box Night Out. Segmen program diatur dengan konsep dan jadwal sesuai masing-masing program siaran. Moncoffee dihadirkan sebagai program yang dapat dinikmati mulai pukul 08.00-10.00 WIB, dilanjut dengan Obras pada pukul 12.00-14.00 WIB, Box On Board pada sesi selanjutnya pada pukul 14.00-16.00 WIB, dan sesi diakhiri dengan Box Night Out pada pukul 17.00-18.00 WIB.

Segmentasi program siaran juga mencakup sub segmen masing-masing, “Kalau Obras lebih ke music beat up, Box On Board musik slow lama dan Indie, Box Night Out biasa untuk nostalgia, cerita horror di hari Kamis malam,” ungkap Afifah Nur Fadilah selaku General Manager Box Radio. Dalam menjalankan program segmen, diatur oleh Program Director (PD) dan diawasi oleh Produser, keduanya bekerja bersama untuk menghasilkan program segmen bagi auidence. Selama melakukan tugas siaran program, PD dan Produser juga dibantu oleh Teknisi untuk keperluan alat siaran yang biasa dilakukan di laboratorium Box Radio. Program segmen juga dilakukan secara interaktif melalui fitur Instagram Story akun resmi Box Radio. Adapun dalam menjalankan program segmen, kebutuhan lagu disediakan oleh Music Director dan pengisi program segmen sendiri merupakan pengurus serta anggota Box Radio, “Semua wajib pernah siaran di Box Radio,” tambah Afifah mengenai pengisi program siaran.

Program segmen siaran Box Radio juga mendapati tanggapan yang positif dari pihak audience. Banyak audience yang secara interaktif memberi request isi konten ataupun lagu dalam segmen. Melanjutkan keberhasilan program segmen, Box Radio juga mulai bersiap melakukan streaming melalui Radio, “Mau bikin streaming juga, streaming radio, kemarin cari-cari sudah ada, daftar sudah bisa, tapi masih terkendala,” ucap Afifah. Tak hanya itu, Box Radio juga berniat ingin melakukan kolaborasi pada segmen siaran dengan pihak luar. “Harapan untuk teman-teman kedepannya, Box ini kan audiencenya masih anak Untag, kalau bisa juga sering-sering ramein Instagram aja lah,” pesan Afifah bagi seluruh target audience program.

(Dziyaaul Hubbi Arsyad)