Workshop Announcing sebagai Upaya Upgrading Skill Box Radio

Minggu,06 Agustus 2023 - 09:38:00 WIB
Dibaca: 88 kali



Broadcasting merupakan salah satu peminatan yang diajarkan di Ilmu Komunikasi UNTAG Surabaya dan bisa ditempuh mulai semester 5. Namun, sebelum memasuki semester 5, mahasiswa Ilmu Komunikasi UNTAG mampu mempelajari skill broadcasting mulai semester 1 dengan mengikuti beberapa divisi yang ada dalam naungan Laboratorium Ilmu Komunikasi. Divisi yang bergerak di bidang broadcasting salah satunya adalah Box Radio yang umurnya menjelang 11 tahun di tahun ini. Box Radio mampu menjadi pilihan awal bagi mahasiswa yang tergerak hatinya untuk menggeluti peminatan broadcasting. Ibu Dewi Sri Andika Rusmana, S.I.Kom., M.Med.Kom. yang menjadi salah satu pengajar broadcasting memberikan perhatian khusus kepada anggota Box Radio atau yang akrab disapa Box Squad dengan membekali ilmu baru yang harus diterapkan di Box Radio guna meningkatkan kualitasnya dalam penyiaran. Bu Dewi memberikan workshop terkait pendalaman radio kampus, mulai dari gaya atau ciri khas sebuah radio, serta menekankan pada penulisan naskah siaran yang benar dengan pengaturan audio dalam penyiaran.

Tidak hanya penulisan naskah siaran saja, tetapi Box Squad juga mengikuti workshop tentang ‘Announcing Skill’ pada saat on air dengan announcer yang langsung didatangkan dari DJ FM Surabaya, Diby Aprilia yang juga merupakan Alumni dari Box Radio dengan pengalaman lebih dari 8 tahun di radio. Skill yang dimilikinya lantas dibagikan kepada Box Squad yang hadir selama 4 hari workshop secara berkala mulai dari senam olah vocal dan teknik dasar announcer, dilanjutkan announcing skills yang harus diterapkan pada saar on air hingga radio positioning atau ciri khas dalam siaran radio yang dikemas dengan sangat menarik. Kak Diby menegaskan bahwa tugas seorang announcer tidak sekedar menyampaikan informasi kepada khalayak saja tetapi juga perlu memperhatikan bagaimana cara penyampaiannya karena cara penyampaian informasi yang baik dan menarik akan mengundang atensi pendengar sehingga mampu mencapai efektivitas penyampaian informasi.

Workshop yang diikuti 10 perwakilan Box Squad ini bertempatkan di Ruang F301 untuk tanggal 20-21 Juli 2023 kemarin dan berlanjut di Ruang Q205 pada 1-4 Agustus 2023 mampu menjawab keresahan Box Squad terkait cara yang tepat menjadi seorang announcer yang mampu meyampaikan sebuah informasi dengan kiatan yang benar. Selain membahas praktik announcing, Kak Diby juga membuka sharing session bersama Box Squad untuk membenahi sistem yang kurang tepat di Box Radio agar nantinya Box Radio semakin baik sebagai salah satu Divisi Laboratorium Ilmu Komunikasi . Harapannya, ilmu yang didapat dari workshop kali ini mampu disebarkan ke Box Squad lainnya sebagai bekal praktik radio yang baik, terutama pada saat on air. (Afifah Nur Fadlilah)


Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya