Wujud Pelaksanaan Program MBKM Prodi Ilkom dengan Harian Bhirawa

Senin, 22 November 2021 - 14:30:42 WIB
Dibaca: 56 kali

Wujud Pelaksanaan Program MBKM Prodi Ilkom dengan Harian Bhirawa

Prodi Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) menggaet PT Harian Bhirawa untuk menjadi salah satu partner dalam pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Bentuk kerjasama dalam kegiatan ini difokuskan pada program magang, kuliah tamu dosen praktisi, penelitian dan pengabdian masyarakat. Mohammad Insan Romadhan selaku Kaprodi Ilmu Komunikasi mengaku dalam pelaksanaan MBKM telah menjalin kerjasama dengan beberapa industri media cetak salah satunya dengan media Harian Bhirawa. “Dalam kerjasama tersebut akan berfokus pada kegiatan magang dan kuliah tamu praktisi, namun tidak menutup kemungkinan untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi juga dipersilahkan”, tutur Insan saat melakukan kunjungan di kantor Bhirawa yang berlokasi dijalan Indragiri Nomer 73, Surabaya, Kamis (21/10).

Kaprodi Ilkom Untag menyampaiakan bahwa Kerjasama MBKM berjalan selama 3 hingga 6 bulan dengan bobot 60 sks. Kegiatan ini dapat diikuti oleh mahasiswa semester lima yang telah memprogram mata kuliah magang namun akan melalui tahapan seleksi terlebih dahulu. Kuotanya ditargetkan 30 persen dari jumlah keseluruhan mahasiswa.

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan mahasiswa dalam program MBKM yakni pengalaman praktik di lapangan dan ada beberapa kegiatan magang yang dikonversikan sebagai mata kuliah. Mata kuliah tersebut adalah online journalismbroadcasting journalism, penulisan naskah, dan magang. Jadi, bagi yang mengikuti kegiatan MBKM tidak perlu mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas pada mata kuliah yang disebutkan. Dari kegiatan ini juga diharapkan mahasiswa dapat mengimplemetasikan ilmu yang didapat selama dibangku perkuliahan dan ketika lulus lebih mudah mendapatkan pekerjaan dengan pengalaman industri yang didapat selama magang.

Nawang Esthi Lestari selaku direktur media Harian Bhirawa menyambut kerjasama ini dengan baik dan menyampaikan rasa terimakasih atas kepercayaan yang diberikan Prodi Ilmu Komunikasi Untag untuk melaksanakan MBKM. Ia juga menambahkan, sebelum terjun ke lapangan para mahasiswa akan mendapatkan pembekalan dasar-dasar jurnalistik, Mahasiswa juga diberi kesempatan untuk melakukan tugas layaknya jurnalis selain itu mahasiswa diberi kebebasan untuk mencoba kegiatan fotografer jurnalis ataupun desain grafis untuk media cetak


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya