Dra. Noorshanti Sumarah, M.I.Kom
Drs. M. Kendry Widiyanto, M.Si
Drs. Edy Sudaryanto , M.I.Kom
Drs. Judhi Hari Wibowo
Dra. Ni Made Ida Pratiwi, MM

Ni Made Ida Pratiwi menempuh studi S1 di Jurusan Administrasi Niaga Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Ia kemudian melajutkan studi S2 di Jurusan Magister Manajemen di Universitas yang sama. Untuk meraih gelar magisternya ia mengambil tema tesis mengenai sistem pengendalian manajemen bank swasta di Surabaya. Sesuai dengan latar belakang pendidikan yang ia tempuh, ia menaruh minat lebih pada bidang kajian Manajemen Keuangan dan Public Relations. Di Prodi Ilmu Komunikasi ia mengampu mata kuliah Dasar-Dasar Humas. Karya tulis Made telah banyak dimuat baik di jurnal maupun prosiding konferensi, baik nasional ataupun internasional. Selain mengajar di UNTAG saat ini ia juga aktif sebagai anggota AIABI Surabaya (Asosisasi Ilmu Administrasi Bisnis Indonesia).

idapratiwi@untag-sby.ac.id
Drs. Jupriono, M.Si

D. Jupriono menyelesaikan studi S1 di Jurusan Sastra Indonesia IKIP Malang (saat ini berganti nama menjadi Universitas Negeri Malang). Ia menempuh studi magister di Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas dr. Soetomo, lulus pada tahun 2004. Pengajar yang terkenal humoris ini amat produktif dalam menulis publikasi ilmiah, karya tulisnya telah banyak dimuat di jurnal maupun prosiding—baik skala nasional maupun internasional. Karya tulis terbarunya bersama koleganya berjudul: Political Rethoric of President Joko Widodo Critical Discourse Analysis dimuat dalam Journal of Education (2018). Atas dedikasinya yang tinggi dalam penulisan publikasi ilmiah, pada 2012 ia dianugerahi penghargaan sebagai dosen terpoduktif oleh Rektor Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Ia menaruh minat besar pada bidang kajian Critical Discourse Analysis, Komunikasi Politik, Semiotika Sosial/Politik, Kebahasaan dan Kesastraan. Ia juga aktif tergabung dalam beberapa asosiasi akademik seperti Asosiasi Penerbit Jurnal Ilmu Komunikasi Indonesia, Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi Indonesia, Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi Jawa Timur.

juprion@untag-sby.ac.id bahasakomunikasi@gmail.com
Dra. Tri Yulianti, M.Si

Tri Yulianti menyelesaikan studi S1 di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya pada tahun 1991. Ia kemudian menempuh program magister di Prodi Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta dan lulus pada tahun 1995. Pada kurun waktu 2001-2008 ia dipercaya menjabat sebagai Ketua Prodi Ilmu Komunikasi—yang kala itu merupakan sebuah prodi yang masih baru. Ia menaruh minat pada bidang kajian seperti Ilmu Politik, Komunikasi Politik dan Reformasi Agraria. Di Prodi Ilmu Komunikasi ia mengampu mata kuliah seperti Opini Publik dan Propaganda, dan Komunikasi Politik. Di luar kegiatannya mengajar, ia aktif terlibat dalam beberapa organisasi, diantaranya pernah menjabat sebagai Ketua Lembaga Pengkajian Pengembangan Ilmu (LP21) Surabaya, Pembina III UKM Fordimapelar UNTAG Surabaya, dan Pengurus Pergerakan Wanita Nasional Jawa Timur.

triyuli@untag-sby.ac.id diazkakan@gmail.com
Hamim, Dipl, S.Sos, M.I.Kom
A.A.I Prihandani Satvikadewi, S.Sos.,M.Med.Kom.,

A.A.I Prihandari Satvikadewi merupakan Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi, Fisip Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Ia menyelesaikan studi S1 di Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga Surabaya. Pada 2014 ia mendapatkan gelar masternya dari universitas yang sama, dengan tesis berkenaan dengan diskursus autisme di media twitter. Satvikadewi menaruh minat pada beberapa bidang kajian seperti jurnalistik, radio, new media dan cultural studies. Selain menjabat sebagai Kaprodi, ia juga mengampu beberapa mata kuliah seperti Penulisan Naskah Radio-Tv, Metodologi Penelitian Sosial, dan Seminar New Media. Sembari mengeluti kegiatan akademik, ia juga dikenal sebagai penulis fiksi dan puisi. Tak hanya aktif dikedua bidang tersebut, ia juga dikenal aktif melakuan advokasi terkait autisme, saat ini ia tercatat menjabat sebagai Wakil Ketua Yayasan Advokasi Sadar Autisme (ASA) Surabaya.

vika@untag-sby.ac.id
Drs. Widiyatmo Ekoputro, MA
Lukman Hakim, S.Fil, M.Phil

Lukman Hakim merupakan salah satu pengajar Prodi Ilmu Komunikasi yang memiliki latar belakang keilmuan di bidang Filsafat. Jenjang S1 maupun S2 ia tempuh di Prodi Filsafat Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Tesis yang ia buat membahas mengenai konsep intuisi menurut Paryana Suryadipura dalam perspektif filsafat agama. Di Prodi Ilmu Komunikasi ia mengajar beberapa mata kuliah seperti Etika Filsafat Komunikasi, Pengantar Antropologi   dan Pancasila.

elnuzkas@gmail.com
Afifatur Rohimah, S.AB.,M.I.Kom

Afifatur Rohimah merupakan alumnus S1 Prodi Administrasi Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Selepas lulus ia kemudian menempuh studi S2 di Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Dr. Soetomo, Surabaya dan lulus pada tahun 2015.  Guna meraih gelar masternya ia melakukan studi mengenai komunikasi interpersonal antara keluarga beda manhaj (NU dan Muhammadiyah) di Kabupaten Jombang. Afifatur memiliki ketertarikan pada bidang Entrepreunership dan Komunikasi Pemasaran. Minatnya yang kuat dalam bidang tersebut mengantarkannya sebagai penerima penghargaan wirausaha pemula dari Kementrian Koperasi RI pada 2017. Di Prodi Ilmu Komunikasi ia mengampu beberapa mata kuliah seperti Entrepreunership, Komunikasi Pemasaran, dan Perencanaan Events. Diluar aktifitasnya di UNTAG, Afifatur menjabat sebagai Koordinator Pendamping & Pengawas UKM & UMKM Dinas Koperasi Provinsi Jawa Timur Periode 2018-2020.

afifatur@untag-sby.ac.id
Mohammad Insan Romadhan, S.i.kom.,M.Med.kom

Mohammad Insan Romadhan merupakan alumnus S1 Prodi Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Sembari bekerja di Humas Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, ia juga menempuh studi S2 di Prodi Media dan Komunikasi Universitas Airlangga, Surabaya dengan peminatan Komunikasi Profesional dan lulus pada 2014. Banyak publikasi yang telah ditulis olehnya, baik itu berupa jurnal maupun prosiding konferensi. Salah satu tulisan terbarunya mengenai branding di media baru dimuat dalam Jurnal LiniMasa Univesitas Pasundan, Bandung (2018), berjudul “Tren Personal Branding Youtuber Indonesia”. Selain itu, pada 2018 ia menjadi penerima dana hibah penelitian dari Kemenristekdikti. Insan menaruh minat pada bidang Public Relations, Komunikasi Pemasaran dan Periklanan. Saat ini ia juga aktif menjabat sebagai Bagian Mutu TUK Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

insanromadhan@untag-sby.ac.id
Beta Puspitaning Ayodya, S.Sos., MA

Beta Puspitaning Ayodya meraih gelar sarjana dari Jurusan Sosiologi Universitas Gadjah Mada pada tahun 2009, dengan fokus skripsi tentang konflik antar pedagang Pasar Poncol Kota Pasuruan.  Kemudian setelah lulus, ia bekerja di salah satu bank swasta di Indonesia. Ia melanjutkan kuliah S2 dengan mengambil Master di Ilmu Politik dan Pemerintahan dari Universitas Gadjah Mada pada tahun 2016.  Ia menulis tesis S2 dengan topik politik yang berkaitan dengan Pemilu, khususnya Pemilihan Bupati Pasuruan tahun 2013 yang lalu. Saat ini, Ia menjadi salah satu dosen Prodi Ilmu Komunikasi di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya sejak tahun 2017. Minat kajiannya meliputi Pengantar Ilmu Politik, Komunikasi Politik, Political Marketing, Komunikasi Organisasi, Pengantar Antropologi, Sosiologi Komunikasi dan Opini Publik Propaganda.

betaayodya@untag-sby.ac.id
Fitri Norhabiba, S.I.Kom.,M.I.Kom

Fitri Norhabiba meraih gelar Sarjana Ilmu Komunikasi dari Universitas Diponegoro, Semarang pada 2012. Pada 2015 gelar M. I. Kom diraihnya dari Universitas yang sama, yakni dengan tesis berjudul: Hubungan Karakteristik Pemilih, Konsumsi Media, dan Interaksi Peergroup, dengan Perilaku Pemilih pada Pemilihan Presiden 2014 di Kabupaten Brebes. Karya tulis Norhabiba banyak dimuat di jurnal nasional dan maupun prosiding konferensi. Ia memiliki ketertarikan pada bidang kajian Jurnalistik dan Komunikasi Politik. Di Prodi Ilmu Komunikasi ia mengampu beberapa mata kuliah seperti Metodologi Penelitian Sosial, Teknik Menulis Feature Editorial, dan Culture Media Studies.

fitrinorhabiba@untag-sby.ac.id
Dewi Sri Andika Rusmana, S.I.Kom, M.Med.Kom

Dewi Sri Andika Rusmana menempuh studi S1 di Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Merdeka, Malang, lulus pada 2011. Pengajar yang aktif dan energik ini semenjak belia memiliki minat yang tinggi di bidang penyiaran. Ketika SMA ia telah aktif menjadi penyiar radio di sekolahnya. Minatnya yang tinggi pada bidang ini terus ia kembangkan, sembari kuliah S1 ia juga menjadi penyiar di salah satu stasiun radio swasta di Kota Malang. Guna memperluas pengetahuannya dibidang penyiaran dan komunikasi, ia kemudian melajutkan studi S2 di Prodi Media dan Komunikasi Universitas Airlangga, Surabaya, lulus pada tahun 2015. Selain bidang penyiaran; bidang kajian media massa juga menjadi kajian yang menarik minatnya. Di Prodi Ilmu Komunikasi ia mengampu beberapa mata kuliah seperti Penulisan Naskah Radio-Tv, Komunikasi Massa, Perencanaan Events dan Perkembangan Teknologi Komunikasi.

Irmasanthi Danadharta, S.Hub, MA

Irmasanthi Danadharta menyelesaikan studi S1 di Departemen Hubungan Internasional, Universitas Airlangga, Surabaya pada tahun 2010. Ia kemudian menempuh program master dalam bidang Development Studies dengan kosentrasi Women & Gender, di International Institute of Social Studies-Erasmus, dan lulus pada tahun 2011. Irma memiliki ketertarikan besar pada bidang kajian Cultural Studies, Women & Gender (Feminisme) dan Critical Studies. Di Prodi Ilmu Komunikasi ia mengampu beberapa mata kuliah seperti General English, Cybercrime dan Komunikasi Lintas Budaya.

irma.danadharta@untag-sby.ac.id
Muchamad Rizqi, S.I.Kom.,M.Med.Kom

Muchamad Rizqi adalah staf pengajar lulusan S1 Prodi Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Ia melanjutkan S2 pada Prodi Komunikasi dan Media Universitas Airlangga Surabaya dengan kosentrasi Komunikasi Profesional. Pada 2016 ia meraih gelar M.Med. Kom dengan tesis yang berjudul: Pengaruh Pendekatan Klasik Komunikasi Organisasi terhadap Kinerja Karyawan di Lingkungan Rektorat Universitas 17 Agustus Surabaya. Saat ini ia menjabat sebagai Ketua Labroratorium Prodi Ilmu Komunikasi serta mengampu beberapa mata kuliah seperti Fotografi, Dasar-Dasar Kehumasan, Manajemen Humas, Media Relations, Human Relations dan Perkembangan Teknologi Komunikasi.

rizqimuchamad@gmail.com
Herlina Kusumaningrum, S.Sos.,MA

Herlina Kusumaningrum menempuh S1 di Prodi Sosiologi Universitas Trunojoyo Madura. Ia kemudian melanjutkan program S2 di Prodi Paska sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta dengan peminatan Ilmu Komunikasi dan Media. Pada 2017 ia meraih gelar M.A dengan tesis berjudul: Konstruksi Pemberitaan Kasus Korupsi Fuad Amin Imron Di Pers Lokal. Herlina merupakan salah satu staf pengajar yang bergabung dengan Prodi Ilmu Komunikasi pada tahun 2018. Komunikasi Politik, Sosiologi Komunikasi, Online Journalism merupakan beberapa kajian yang menjadi minatnya.

herlina.kusuma991@untag-sby.ac.id
Bagus Cahyo Shah Adhi Pradana, S.Sos.,M.Med.kom

Bagus Cahyo Shah Adhi Pradana atau akrab dipanggil Dana menyelesaikan studi S1 pada Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Surabaya dengan peminatan jurnalistik. Pada 2018 gelar M. Med. Kom diraihnya dari Universitas Airlangga Surabaya dengan tesis berjudul; Strategi Komunikasi Pemasaran Band Indie Huumi Dummi Melalui Media Baru. Dana merupakan salah satu staf pengajar yang bergabung dengan Prodi Ilmu Komunikasi pada tahun 2018, ia memiliki ketertarikan pada bidang Public Relations dan Komunikasi Massa. 

 

baguspradana10@gmail.com