Keterbatasan Fisik Bukan Halangan Bagi Umar untuk Terus Berprestasi

Keterbatasan fisik bukan halangan untuk terus berprestasi. Prinsip itulah yang dipegang teguh oleh Umar mahasiswa disabilitas asal Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNTAG Surabaya dalam menggapai semua cita-citanya.

Kepada warta17agustus.com, Umar menuturkan dirinya tidak mengalami kesulitan yang berarti selama mengikuti perkuliahan dua semester lalu. Mahasiswa yang sekarang duduk di semester 3 ini merupakan lulusan Sekolah Indonesia Jeddah KSA.

“Tidak ada kesulitan karena sejak kecil sudah belajar beradaptasi. Jadi, sekarang tidak perlu beradaptasi lagi meskipun saya dari sekolah Indonesia luar negeri, bahasa dasarnya yang dipakai juga bahasa Indonesia,” kata Umar seusai perkuliahan, Jum’at (9/9/2016).

Keterbatasan fisik (Tunadaksa) yang dimiliki Umar, bukan halangan untuk terus berprestasi. Beberapa hari yang lalu Umar telah berhasil meraih juara favorit dalam lomba News Presenter dan TV Journalis (SCTV dan Indosiar) EMTEK Goes to Campus 2016 di kampus Unair Surabaya (7-8/9/2016) yang diselenggarakan oleh PT. Elang Mahkota Teknologi Tbk., (EMTEK).

“Fasilitas yang ada sangat membantu saya untuk mengembangkan diri. Saya salut kepada dosen-dosen UNTAG Surabaya yang tidak mengistimewakan saya, tetapi tetap diperlakukan sama seperti mahasiswa lainnya. Saya enjoy kuliah disini,” tambahnya.

Prestasi akademik Umar tidak perlu diragukan lagi, mahasiswa angkatan tahun 2015 itu mendapat Indeks Prestasi tertinggi di fakultasnya, yaitu 3,93. Tidak hanya prestasi akademik, Umar juga aktif mengkuti organisasi kemahasiswaan seperti Himpunan Jurusan Mahasiswa Komunikasi (HIMAKOTA), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tari, dan English Language Community Center (ELCC).

“Teman-teman selalu support, bahkan saya terharu punya banyak teman. Sudah kuliah 2 semester disini banyak teman yang saya dapat baik di FISIP maupun fakultas lain. Keterbatasan yang saya miliki tidak mengganggu saya untuk tetap berprestasi, tetapi sebaliknya menjadi semangat,” jelas Umar.

Umar berharap kepada UNTAG Surabaya meskipun kampus swasta lulusannya bisa bersaing dengan kampus negeri. Selain itu, juga selalu berbenah untuk menjadi lebih baik lagi.

“Buat teman-teman, jadilah diri sendiri dan selalu berusaha yang terbaik untuk mencapai apa yang diinginkan. Jangan jadikan kekurangan sebagai kekurangan, tetapi jadikan kekurangan itu sebagai  kelebihan, terus maju dan gapai cita-cita,” pesannya.


Sumber Berita: warta17agustus.com

Bagikan

Comments (0)

Silahkan Tinggalkan Komentar