Mahasiswa UNTAG Surabaya Berhasil Lolos SIPC Indonesia Tahun 2016

Dua mahasiswa UNTAG Surabaya berhasil lolos dalam ajang Student Interfaith Peace Camp (SIPC) yang diselenggarakan oleh Young Interfaith Peacemaker Community (YIPC) Indonesia tahun 2016. Dua mahasiswa tersebut adalah Shandy Kembara Patria Dewata (Ilmu Komunikasi) dan Intan Jauharul Makhnun (Ekonomi Akuntansi).

Shandy yang juga menjabat sebagai Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNTAG Surabaya ini menjelaskan, sebelum dinyatakan lolos dirinya bersama Intan harus melengkapi persyaratan-persyaratan yang diberikan oleh pihak penyelenggara.

“Saya sendiri tertarik ikut karena kegiatan ini bekerjasama dengan studies of religious, S3 UGM (Universitas Gadjah Mada) Yogyakarta,” ungkap Sandy kepada warta17agustus.com, Selasa (17/5/2016).

Selama tiga hari (5-7 Mei 2016) mengikuti kegiatan SIPC di Mojokerto, Sandy dan Intan belajar banyak tentang bagaimana menciptakan perdamaian antara umat Islam dan Kristiani, seperti membedah 12 nilai kebaikan yang ada di kedua agama dan berdiskusi tentang kesamaan agama.

“Kegiatan ini memang lebih berfokus kepada studi Kristiani dan Muslim yang tujuannya untuk menciptakan agen-agen perdamaian di bidang keagamaan,” jelasnya.

Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi itu menambahkan, setelah lolos di tingkat Jawa Timur maka akan berlanjut ke tingkat nasional, jika lolos lagi maka bisa ke tingkat internasioanal. “Kalau kita baru lolos di tingkat Jawa Timur yang diikuti 49 peserta,” ucap Sandy.

Sandy berpesan agar kita bisa menjaga perdamaian dan menghindari konflik-konflik terlebih lagi konflik yang mengatasnamakan agama. Menurutnya, masih banyak orang di luar sana yang berbeda agama dan suku yang membuka diri untuk berdiskusi dalam menyelesaikan masalah.

“Janganlah banyak berprasangka, lebih baik kalau ada masalah kita konfirmasi dulu kebenaran informasi itu jangan mudah terhasut. Ayo kita jaga perdamaian, cinta kasih, berprerasi itu lebih baik daripada berkonflik,” pungkasnya.

Untuk saat ini  YIPC baru mempunyai 3 cabang, yaitu YIPC Medan, YIPC Joglosemar, dan YIPC Jawa Timur. Adapun visi YIPC adalah Generasi damai yang berdasar atas kasih kepada Allah dan sesama” dan misinya “Building Peace Generation through Young Peacemakers”.

 
Sumber Berita: warta17agustus.com

Bagikan

Comments (0)

Silahkan Tinggalkan Komentar