Prodi Ilmu Komunikasi UNTAG Surabaya Selenggarakan Kuliah Umum Komunikasi Politik

Selasa, 27 September 2016 - 15:40:32 WIB
Dibaca: 364 kali

Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNTAG Surabaya menyelenggarakan kuliah umum Komunikasi Politik dengan tema ‘Kebijakan dan Pembangunan Komunikasi Politik Pemerintahan Jokowi JK’. Kegiatan yang bertempat di Gedung Graha Widya lantai 9 itu menghadirkan nara sumber Ketua Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) Dr. Heri Budianto, M.Si, Senin (26/9/2016).

Komunikasi politik merupakan fungsi penting dalam sistem politik. Pada setiap proses politik, komunikasi politik menempati posisi yang strategis. Bahkan, komunikasi politik dinyatakan sebagai “urat nadi” proses politik. Bagaimana tidak, aneka struktur politik seperti parlemen, kepresidenan, partai politik, lembaga swadaya masyarakat, kelompok kepentingan, dan warga negara biasa memperoleh informasi politik melalui komunikasi politik ini.

Wakil Rektor I UNTAG Surabaya Dr. Andik Matulessy, M.Si yang berkesempatan membuka kuliah umum tersebut mengatakan, tahun-tahun ini adalah tahun politik (5-10 tahun kedepan), sehingga banyak kegiatan atau aktifitas yang selalu dikaitkan dengan politik.

“Contoh saja Sosiologi Politik, Komunikasi Politik, dan masih banyak lagi disiplin ilmu lainnya yang berkaitan dengan politik,” kata Dr. Andik diawal sambutannya.

Lebih lanjut dosen Fakultas Psikologi itu mengapresiasi kepada Prodi Ilmu Komunikasi yang telah berhasil menyelenggarakan kuliah umum Komunikasi Politik. Menurut Dr. Andik salah satu tolok ukur kemajuan perguruan tinggi adalah dapat dilihat dari kebebasan akademik dan kebebasan mimbar akademik.

“Kerjasama Ilmu Komunikasi dengan ASPIKOM ini penting agar ada standarisasi dalam bidang akademik, sehingga akan tercapai standar akademik yang sama,” tutup Dr. Andik.

Adapun moderator dalam kuliah umum Komunikasi Politik dengan tema ‘Kebijakan dan Pembangunan Komunikasi Politik Pemerintahan Jokowi JK’ adalah Prof. Dr. M. Burhan Bungin, M.Si.,P.hD.

Sumber Berita: warta17agustus.com