Bangkitkan Semangat Menulis, HIMAKOTA Gelar Lokakarya Film Daring

Selasa, 11 Agustus 2020 - 15:14:25 WIB
Dibaca: 96 kali

 

Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (HIMAKOTA) kembali menggelar acara berbasis daring yang dilaksanakan pada tanggal 28-30 Juni 2020. Setelah beberapa pekan lalu sukses menyelenggarakan Bukan Kuliah Biasa, kali ini HIMAKOTA menggelar lokakarya daring mengenai kepenulisan naskah film pendek. Acara yang bertajuk,” Bercerita Dalam Sinema,” dibalut dengan tema: Katafora Sinema.

Menghadirkan Pravana Widho Oktendho (Ipank) selaku script writer dan juga pendiri dari PWO film sebagai pembicara. Acara in berlangsung hangat dan peserta begitu antusias. Dalam penyelenggarannya, HIMAKOTA membatasi jumlah peserta agar lokakarya ini berjalan dengan maksimal.Yakni terbatas hanya untuk 25 orang pendaftar. Hanya dalam waktu 3 hari jumlah peserta telah memenuhi kuota pendaftaran. Setiap peserta diberikan tantangan untuk menuliskan sebuah naskah film yang kemudian dinilai langsung oleh Bang Ipank untuk dinobatkan sebagai naskah terbaik.

Kabar baiknya, acara ini diikuti oleh peserta yang berasal dari berbagai penjuru Indonesia. “Acara ini sangat bagus, saya jadi dapat ilmu mengenai kepenulisan naskah langsung dari ahlinya, apalagi acara ini berbasis online, jadi tidak perlu keluarkan ongkos banyak untuk dapat mengikuti acara seperti ini, karena biasanya acara seperti ini banyak di Jawa saja. Ternyata masih ada yang bisa disyukuri di era pandemi ini. Semoga acara seperti ini setiap tahunnya selalu ada.” Ujar Imam Mukhlas, salah satu peserta dari USN Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Dengan adanya acara Bercerita dalam Sinema ini, diharapkan dapat bermanfaat bagi seluruh peserta yang mengikuti workshop kepenulisan. “Agar sineas muda dapat mempelajari dasar-dasar dari penulisan sebuah naskah dan mereka dapat terus berlatih menulis naskah.” ujar Jessica Laurent selaku Ketua Pelaksana Bercerita dalam Sinema.

 

Penulis: Tim Humas HIMAKOTA

Editor: Herlina K.